Dua guru besar Institut Pertanian Bogor (IPB) masuk dalam daftar pemeringkatan dunia AD Scientific Index untuk bidang ilmu marketing. Mereka adalah Prof. Ujang Sumarwan dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia dan Prof. Mukhamad Najib dari Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM). Baca juga: Sosok Vinka, Mahasiswa ITB Lulus dengan IPK Tertinggi 3,98 Dari sebanyak 1.185 ilmuwan bidang marketing yang masuk dalam perangkingan tingkat Asia, Prof. Ujang Sumarwan menduduki peringkat 58, sedangkan Prof. Mukhamad Najib menduduki peringkat 82. Selain itu, berdasarkan kategori ilmu bisnis dan manajemen, kedua professor IPB ini masuk dalam Top 2 persen ilmuwan berpengaruh bidang bisnis dan manajemen di Indonesia. Kiprah kedua profesor IPB ini dalam pengembangan keilmuan marketing tidak diragukan lagi. Prof. Ujang Sumarwan saat ini menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekologi Manusia dan Presiden Asian Association of Consumer Interest and Marketing (AACIM). Sementara Prof Mukhamad Najib saat ini tengah bertugas sebagai Atase Pendidikan dan Kebudayaan di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Canberra. Keduanya aktif menulis di jurnal ilmiah bereputasi, baik tingkat nasional maupun internasional. Selain itu, mereka aktif menyebarkan ilmunya melalui seminar, konferensi maupun tulisan-tulisan di media massa. Menurut Prof Ujang, capaian ini bukan hasil kerjanya sendiri, melainkan ada kontribusi dari banyak pihak. “Saya menyadari karya ilmiah yang berkualitas dan bermanfaat adalah hasil pemikiran bersama. Begitu juga karya-karya saya, itu merupakan hasil kolaborasi dengan banyak pihak termasuk mahasiswa dan kolega. Oleh karena itu saya mengucapkan banyak terimakasih kepada semuanya juga kepada IPB,” ungkap dia dalam keterangannya, Jumat (4/11/2022).

sumber: https://www.kompas.com/

Penulis : Dian Ihsan
Editor : Dian Ihsan